Watermark Belum Menjamin Kepemilikan Utuh Naskah

0
53

Tim Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Balai Litbang Agama Semarang kembali mengadakan rangkaian kegiatan berkaitan dengan Repositori Online Naskah Keagamaan. Acara yang diadakan di Hotel Pandanaran Semarang ini berlangsung pada tanggal 9-10 september 2019. Kegiatan ini lebih fokus kepada perancangan draft policy brief dan executive summary untuk Repositori Online BLA Semarang mulai dari Judul, pengantar, poin – poin policy brief, rekomendasi, dll.

Dalam pembukaannya, Kepala Balai Litbang Agama Semarang Dr. Samidi, M. S. I., mengungkapkan pentingnya kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk naskah keagamaan & repositori online BLA Semarang.

“Kapuslektur berpesan kepada saya untuk segera mendaftarkan HKI untuk naskah & laman repositori online BLA Semarang, supaya seutuhnya menjadi milik BLA Semarang karena sudah online dan sudah bisa di download masyarakat luas, karena watermark belum menjamin itu menjadi milik kita karena belum ada HKI-nya” ungkap Samidi.

Drs. Roch Aris Hidayat, M.Pd selaku koordinator bidang tim Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi BLA Semarang mengungkapkan bahwa ini merupakan rangkaian kegiatan penelitian dari tahun 2010-2012 yang kemudian berlanjut ke proses pembuatan katalog, kemudian didigitalisasi dan diinventarisasi menjadi sebuah repositori online.

“kita sudah melakukan soft launching di Surabaya, namun belum semua kontennya berjalan secara sempurna, maka dari itu perlu adanya pengembangan dan penguatan konten lebih lanjut untuk repositori online kita”, lanjut Aris.

Turut hadir pula peserta luar dari Badan Diklat Keagamaan Semarang dan Perpustakaan UIN Walisongo Semarang yang turut berpartisipasi menyampaikan aspirasi dari sudut pandang yang berbeda. (ry*)