Peserta Workshop Menggodok Repositori Naskah Online

0
33

Dalam mematangkan repositori online naskah keagamaan, Balai Litbang Agama Semarang mengadakan sesi sidang komisi pada para peserta seminar “Penyusunan Repositori Online Naskah Keagamaan di Madura” bertempat di Hotel Aria Gajayana Malang pada tanggal 15 Agustus 2019, yang mana melibatkan pemilik naskah, kalangan akademisi, dan pustakawan. Sesi ini berlangsung sebelum rangkaian kegiatan seminar resmi ditutup dan dipimpin oleh Drs. Roch Aris Hidayat, M. Pd. Selaku moderator.

Sesi kegiatan ini bertujuan untuk menggodok lagi repositori yang sudah berjalan supaya lebih baik dan sempurna lagi dari berbagai bidang dan aspek. Para peserta dibagi menjadi 3 komisi yang masing- masing memuat bab dan teknis tentang repositori online tersebut, masing- masing komisi didampingi oleh 4 orang panitia yang berkompeten di bidang masing-masing untuk memberi masukan kepada para peserta.

Ketiga komisi tersebut adalah komisi substansi (praktek SOP), lalu komisi tentang tampilan dan konten web, dan kemudian komisi rekomendasi. Adapun rencana dari hasil sidang tersebut adalah sebagai masukan berupa kritik dan saran yang membangun guna mematangkan repositori online naskah keagamaan baik dari segi web,tampilan ,maupun SOP dan teknis pelaksanaan.

Dari komisi substansi (praktek SOP) diperoleh hasil beberapa seperti masalah deskripsi singkat naskah yang belum tampil lengkap pada web,kurangnya info tentang pemilik naskah,serta melampirkan kotak saran pada web.

Sedangkan dari komisi tampilan dan konten web diperoleh hasil mengenai tata lokasi dan user interview yang bisa memudahkan user dan tetap memiliki ciri khas dari Kementerian Agama, dan seputar proses digitalisasi naskah.

Kemudian dari komisi rekomendasi, mendapatkan hasil berupa rekomendasi kepada Perpusnas, rekomendasi untuk Balai Litbang Agama Semarang dan Perpusnas, lalu rekomendasi Balai Litbang Agama Semarang kepada masyarakat luas dalam hal ini pemilik naskah. (*ry)