Renstra 2020-2024 untuk Tingkatkan Mutu SDM dan Hasil Kelitbangan

0
81

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang menyusun Rencana Strategis (Renstra) 2020-2014. Secara garis besar, Renstra 2020-2024 fokus pada peningkatan kualitas kelitbangan dan publikasinya kepada para stakeholder, peningkatan kualitas SDM, dan peningkatan jaringan kemitraan atau kerjasama antarlembaga.

Kegiatan penyusunan renstra berlangsung di Hotel Pandanaran Semarang, Senin 29 Juli 2019. Jajaran pimpinan BLA Semarang, Tim Penjaminan Mutu Penelitian dan Pengembangan (TMPP), peneliti, dan sejumlah staf terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kepala BLA Semarang Dr. Samidi, S.Ag., M.S.I. mengatakan, penyusunan renstra ini merupakan konsekuensi dari temuan hasil Audit Kinerja Irjen Kementerian Agama. Sebagai auditee BLA Semarang wajib menyusun renstra. Meskipun ada tafsiran bahwa sebagai UPT BLA Semarang tidak memiliki kewenangan membuat renstra.

Penyusunan renstra ini dibarengi dengan pembaruan SOP Kelitbangan dan SOP tata kelola pelayanan ke-TU-an.  Selain itu juga pembaruan Buku Pedoman Penelitian dan Pengembangan.

“SOP itu merupakan penjabaran aturan sekaligus mekanisme kerja. Penyusunan SOP ini diharapkan menjadi solusi dari aturan yang tumpang tindih dalam internal lembaga,” kata Samidi.

Selain SOP Kelitbangan, ada sekitar 30 SOP bidang kepegawaian, 15 SOP  bidang keuangan, dan 27 SOP bidang umum. (syafa’)