Bertamu di IAIN Kudus, berbagi pengalaman Jurnal

0
189

Sebagaian Tim Jurnal BLA Semarang selasa (2/7) bersilahturahmi ke IAIN Kudus. Tujuannya untuk berbagi pengalaman mengelola jurnal, sekaligus mendampingi Jurnal Esoterik untuk persiapan terakreditasi SINTA. Kegiatan ini dihadiri oleh hampir sebagian besar pengurus jurnal IAIN Kudus. Sekitar 36 Jurnal yang diterbitkan, jumlah yang sangat banyak dibanding BLAS yang hanya mempunyai 2 jurnal.

Disambut Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. H. Masrukin S.Ag. M.Pd menyampaikan bahwa kedatangan tim Jurnal BLAS ini membawa angin segar, seperti membawa semangat untuk jurnal-jurnal IAIN kudus. Keinginan kami beberapa jurnal dapat mengalami peningkatan akreditasi. Saat ini masih ada jurnal yang terakreditasi SINTA 4 dan dibawahnya,  walaupun juga ada yang sudah terindeks SCOPUS.

Lebih banyak Jurnal yang masuk SINTA tentu akan mendongkrak popularitas juga kualitas. Tim kami akan selalu siap untuk berbagi pengalaman. Hal pendukung utama adalah pimpinan yang selalu mendukung tim jurnal. Kemudian kekompakan tim jurnal yang memang harus pantang menyerah. Jika jurnal sudah berhasil maka artikel akan banyak yang masuk, sudah tidak pusing mencari artikel, tetapi pusing menyeleksi artikel. Hal ini disampaikan Sulaiman, ketua tim jurnal Analisa.

Redaksi Tim Jurnal memang sabaiknya expert di bagiannya masing-masing. Contohnya ada yang bagus di ahli bahasa, layout, IT, juga koneksi ke berbagai reviewer. Tetapi tidak menutup kemungkinan, mengajarkan orang lain yang awam, menjadi benar-benar mahir. (krt)