Nilai Kinerja BLA Semarang 76.72

0
169

Nilai Kinerja Balai Litbang Agama (BLA) Semarang adalah 76.72. Dari 3 aspek kualitas kinerja, pengelolaan anggaran dinilai cukup ekonomis, Kinerja Fungsi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pelaporan dinilai efisien, dan pencapaian hasil (outcome) dinilai cukup efektif.

Hal itu disampaikan oleh Feriantin Erlina Indrawati sekalu Ketua Tim Auditor Kinerja Berbasis Tugas dan Fungsi BLA Semarang oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama pada exit meeting atau ekspose hasil audit di Aula Kantor BLA Semarang, Senin 1 Juli 2019. Indrawati menerangkan, audit kinerja berbasis tugas dan fungsi meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan, dan pencapaian hasil outcome. Audit ini meliputi kinerja BLA Semarang pada tahun anggaran 2018.

“Harapannya, ke depan nilai yang ‘cukup ekonomis’ dan ‘cukup efektif’ bisa menjadi ‘ekonomis’ dan ‘efektif’. Karena penilaian hasil audit sekarang ini menjadi pelajaran bagi pelaksanaan program di tahun mendatang,” kata Indrawati.

Dalam kesempatan itu, Purnomo Mulyosaputro sekalu Pengendali Teknis Tim Auditor menegaskan bahwa hasil audit ini mesti dimaknai secara positif. Karena salah satu tujuan audit kinerja adalah memberikan peringatan dini atas kinerja dan pencapaian sasaran dan/atau tujuan yang telah direncanakan oleh BLA Semarang.

“Dari hasil audit ini kita bisa melihat apa kekuatan dan kelemahan kita. Jadi Kepala Balai memiliki gambaran yang cukup untuk melangkah dalam rangka pelaksanaan program dan anggaran,” kata Purnomo.

Kepala BLA Semarang, Samidi, menyambut baik hasil audit kinerja ini. Hasil tersebut akan ditindaklanjuti dengan perbaikan kinerja lembaga.

“Saya berharap seluruh pegawai BLA Semarang semakin solid dalam melaksanakan tugas dan fungsi lembaga. Agar nilai kinerja balai ke depan semakin baik,” kata Samidi. (syafa’)