Semarakkan Pameran, Stand BLA Semarang Diserbu Pengunjung

0
42

MALANG-Balai Litbang Agama (BLA) Semarang turut menyemarakkan kegiatan Pameran Produk-produk Hasil Penelitian di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Selasa 25 Juni 2109. Hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan dalam bentuk  buku, jurnal, bunga rampai, prosiding, dan monograf itu diminati oleh para mahasiswa dan dosen. Tidak kurang dari  25 judul, atau 200-an eksemplar buku, habis selama pameran yang berlangsung sekitar 3 jam.

Nur Fuadah, mahasiswi FAI UMM, mengaku pameran hasil-hasil penelitian ini relevan dengan kebutuhan mahasiswa UMM, khususnya FAI. Karena tema-tema penelitian berfokus pada pendidikan dan sosial keagamaan. Tak mau menyiakan event ini, Fuadah mengambil buku berjudul “Nasionalisme dan Pendidikan Agama di Beranda Depan Indonesia” yang diterbitkan BLA Semarang.

Peminat pameran tersebut ternyata bukan hanya mahasiswa UMM. Sejumlah mahasiswa dari kampus lain pun tak mau ketinggalan. Di antaranya Restu Mulya P, mahasiswa Universitas Brawijaya. Restu sengaja ke UMM Malang untuk mendapatkan buku-buku hasil penelitian secara gratis.

Pameran terwujud atas kerjasama antara Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dengan Fakultas Agama Islam (FAI) UMM. Selain BLA Semarang, pameran tersebut juga diikuti oleh Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, Balai Litbang Agama Jakarta dan Balai Litbang Agama Makassar.

Pameran dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Seminar Hasil Penelitian berjudul “Evaluasi Program Studi Agama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam”. Kepala Badan Litbang Diklat Prof. Dr. H. Abdurrahman Mas’ud hadir dalam kegiatan tersebut.

Mas’ud mengatakan, kegiatan seminar plus pameran dilaksanakan untuk mempromosikan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian Badan Litbang dan Diklat. Ke depan kegiatan seperti ini akan terus digalakkan di perguruan tinggi.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Puslitbang Pendidikan dan Keagamaan Dr. Amsal Bahtiar beserta peneliti Dr. Hayadin yang mempresentasikan hasil penelitian. Dari pihak UMM hadir Wakil Rektor Dr. Syamsul Arifin dan Dekan FAI Prof. Dr. Tobroni. (syafa’)