Pembukaan Seminar “Inventarisasi dan Digitalisasi Naskah Keagamaan Islam di Bali”

0
75

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang mengadakan seminar hasil penelitian dengan tajuk “ Inventarisasi dan Digitalisasi Naskah Keagamaan Islam di bali” bertempat di Hotel Aston Denpasar pada tanggal 19-21 juni 2019, seminar diikuti oleh peserta dari Kemenag Kanwil Bali,Pemilik naskah selaku Narasumber,Balai Arkeologi Bali,Dll.  Acara ini bertujuan untuk pemeliharaan manuskrip kuno supaya tetap terjaga dalam bentuk data digital (soft file).

Acara dimulai pukul 20.00 WITA dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa. Kemudian acara dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang,Dr Samidi,M.S.I. yang menyampaikan hasil penelitian oleh tim lektur di Bali. “Dari hasil penelitian kemarin, ditemukan khazanah keagamaan yang cukup banyak khususnya di Bali. Naskah yang ditemukan pun beragam tidak hanya naskah agama Islam, namun mengingat Islam merupakan agama minoritas di Bali, maka kami ingin melihat keberadaan naskah-naskah Islam di sana”.

Kemudian dilanjut secara resmi dibuka oleh Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Kementrian Agama RI, Dr. Muhammad Zain,M.Ag. dengan topik paparan “Optimalisasi Naskah Keagamaan Islam untuk Penguatan dan Kesatuan Bangsa”. Kapuslitbang menyampaikan perlunya pelestarian naskah-naskah keagamaan yang ada di nusantara.

beliau berharap Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang tidak hanya berhenti dalam melakukan inventarisasi dan digitalisasi naskah keagamaan. Perlu ditindak lanjuti katalogisasi dan dilanjutkan dengan kajian terhadap konten/isi dari manuskrip tersebut. [*ry]