Pemaparan Hasil Penelitian – Penutupan Seminar “Inventarisasi dan DIgitalisasi Naskah Keagamaan Islam di Bali

0
82

Hari kedua seminar hasil penelitian “Inventarisasi dan Digitalisasi Naskah Keagamaan Islam di Bali” memuat paparan hasil dari penelitian dari tim lektur Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang. Acara dibagi menjadi 3 sesi, dan tiap sesi terdapat sesi Tanya jawab langsung kepada narasumber terkait naskah hasil penelitian.

Sesi Pertama, materi disajikan oleh Mustolehuddin, M.S.I. dengan tajuk “Inventarisasi dan DIgitalisasi Naskah Keagamaan Islam di Kota Denpasar”, dan dilanjutkan Drs. Roch Aris Hidayat M.Pd. dengan tajuk “Inventarisasi dan DIgitalisasi Naskah Keagamaan Islam di kab. Buleleng,Jembrana, dan Tabanan”. Dengan menghadirkan narasumber Kepala Balai  Pelestarian  Cagar Budaya Bali,Dra. Ni Komang Aniek Purniti,M.Si. Dan selaku moderator Umi Masfiah,M.Ag. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada narasumber.

Ni Komang Aniek Purniti,M.Si. sedang meyampaikan materi

Sesi kedua, materi disajikan oleh Agus Iswanto, M.A. dengan tajuk “Inventarisasi dan DIgitalisasi Naskah Keagamaan Islam di Kab. Karangasem, dan Klungkung”, dengan Drs. Bisri Ruchani Selaku moderator dan sebagai narasumber adalah Guru  Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Prof. Dr. I Nyoman Suarka. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada narasumber.

Prof. Dr. I Nyoman Suarka menyampaikan materi

Sesi Ketiga, materi disajikan oleh Drs.  Roch Aris Hidayat, M.Pd. dengan tajuk “Naskah Keislaman di Bali dan Kehidupan Beragama”. Adapun sebagai narasumber sendiri adalah Dr. Samidi, M.S.I. dengan moderator Agus Iswanto, M.A. Acara dilanjut dengan sesi Tanya jawab kepada narasumber.

Dr Samidi, M.S.I. selaku narasumber sedang menyampaikan materi

Sesi Penutupan, Peserta seminar diminta untuk mengisi Quesioner “Survei Kepuasan Layanan Kelitbangan dan Indeks Persepsi Korupsi Balai Litbang Agama Semarang 2019” dan dilanjut dengan testimoni dari perwakilan pemilik naskah dan Balai Arkeologi Bali, selanjutnya acara seminar “Inventarisasi dan Digitalisasi Naskah Keagamaan Islam di Bali” resmi ditutup oleh Drs. Roch Aris Hidayat,M.Pd.(*ry)