Fullday Evaluasi Kebijakan Policy Brief dan Pembahasan Draft Executive Summary Hasil Seminar di Bali

0
72

Balai Litbang Agama Semarang kembali mengadakan kegiatan pasca seminar “Inventarisasi dan Digitalisasi Naskah Keagamaan Islam” di Bali pada tanggal 20-21 juni 2019. Kegiatan yang bertempat di Hotel Pandanaran Semarang ini  dihadiri juga oleh tamu undangan perwakilan dari kantor Kemenag Kota Semarang. Kegiatan Fullday Policy Brief bertajuk “Pemajuan Kebudayaan Indonesia Melalui Inventarisasi dan Digitalisasi naskah” ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 24-25 juni 2019.

tamu undangan perwakilan Kemenag Kanwil Semarang

Dalam acara, Roch Aris Hidayat selaku ketua menyampaikan bahwa berdasarkan hasil penelusuran awal bahwa banyak sekali naskah keagamaan yang belum terinventarisasi dan terdigitalisasi dengan baik. Beliau menuturkan bahwa naskah tersebut dalam kondisi memprihatinkan baik dari segi kondisi fisik maupun dari segi penyimpanan yang tidak memadai, bahkan beberapa naskah terancam diperjualbelikan secara illegal ke luar negeri.

Draft terbuka ini menjadi bahan diskusi bersama dan bisa menerima masukan dari para peserta. Policy brief ini selain memuat beberapa kebijakan yang ditujukan kepada beberapa instansi juga memuat masukan mengenai bagaimana melestarikan naskah-naskah khususnya di Provinsi Bali, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk bisa diterapkan di luar Bali. (*ry)