Meneguhkan Komitmen Terhadap Ideologi Pancasila

0
116

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu 1 Juni 2019. Berlangsung di halaman kantor BLA Semarang, upacara diikuti oleh para ASN/pegawai.

Kepala Balai Litbang Agama Semarang Dr. Samidi, M.S.I. bertindak sebagai Pembina Upacara. Di dalam amanatnya, dibacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Ditegaskan bahwa perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Lebih penting dari itu adalah iktikad mengamalkan Pancasila secara simultan dan terus-menerus.

Kegiatan upacara ini adalah bentuk penghormatan kepada para founding fathers yang telah berjasa merumuskan dasar negara berupa Pancasila. Sekaligus momentum meneguhkan komitmen para ASN terhadap ideologi negara.

Perayaan hari lahir Pancasila diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan menyongsong kehidupan bernegara yang inklusif. Yakni membangun kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, bekerjasama, dan bergotongroyong menyelesaikan persoalan bangsa.

“Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ‘politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.” (syafa’)