Iman dan Islam Sumber Karakter

0
108

Pembentukan karakter pegawai yang berintegritas sebenarnya bersumber dari ajaran Islam. Rukun iman dan rukun Islam adalah bangunan karakter manusia itu sendiri. Intinya adalah manusia tauhid, yakni manusia yang tunduk pada hukum Allah. Semua perbuatan didasarkan kepada Allah.

Demikian disampaikan Prof. H.M. Amin Syukur, M.A. pada peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H. Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Balai Litbang Agama (BLA) Semarang pada 21 Mei 2019. Dihadiri oleh para pejabat struktural, pejabat fungsional, dan staf. Acara ini digelar setelah instruksi Menteri Agama terkait peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H/ 2019 M secara serentak pada 21 Mei 2019.

Dalam kesempatan ini Amin Syukur menyampaikan ceramah keagamaan tentang hikmah Nuzulul Qur’an bagi pembentukan karakter. Menurutnya iman dan Islam adalah pembentuk karakter akhlak mulia. Dalam konteks birokrasi Kementerian Agama, integritas pejabat atau ASN adalah pokok utama pembentuk generasi berakhlakul karimah. Kalau keluarga dikasih makan dari hasil kerja yang tidak halal seperti korupsi, anak-anak di dalam keluarga tersebut akan tumbuh sebagai pribadi yang berakhlak buruk.
Amin juga berpesan agar umat muslim bisa lebih mengedepankan ketenangan batin di 10 hari terakhir Ramadhan. Lailatul Qodar sangat potensial muncul pada 10 malam terakhir Ramadhan. (syafa’)