Mitra Bestari Penentu Artikel dimuat atau dikembalikan

0
108

Satu artikel di nilai dua mitra bestari, ternyata dua mitra bestari memberikan nilai tinggi. Artikel ini layak dimuat di jurnal. Jika ada mitra bestari yang satu meloloskan tetapi mitra bestari satunya tidak meloloskan, maka akan dipertimbangkan dalam pemuatannya.

Hal ini sampaikan Mustolehudin editor jurnal SMART dalam  kegiatan Full Board Finalisasi Penerbitan Jurnal SMART Vol 5 No 1 Tahun 2019 di Hotel Griya Persada Bandungan, Semarang, tanggal 16 – 18 Mei 2019 “Pengelola Jurnal banyak suka dukanya,semisal ada teman yang kirim artikel tetapi tidak layak di muat, penulis akan memprotes karena artikelnya tidak muat. Pada penentuan Artikel layak dimuat atau tidak ditentukan mitra bestari, ungkap Mustolehudin.

Hal senada dikatakan Joko Tri Haryanto, artikel yang nilainya tinggi tak otomotis akan tampil di halaman pertama. Namun urutan artikel berdasarkan tema, dengan tema yang telah ditentukan akan memudahkan pembaca dalam memahami seluruh isi jurnal.

“Tugas editor memperbaiki logika kalimat, alur cerita, serta pembenahan kata-kata yang  dianggap tidak efisien. Namun sebagai catatan, lebih baik tidak melakukan (semacam) penulisan ulang untuk memperbaiki naskah yang sedang diedit, tegas Joko Tri Haryanto.

Samidi, selaku Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang mengatakan adanya kegiatan ini, diharapkan pengelola Jurnal lebih semangat, meskipun anggaran yang disediakan minim. “Untuk meningkatkan kualitas produk jurnal, nanti akan membuat ruang khusus pengelola jurnal. Ruangan ini sebagai produksi jurnal dan pengarsipan,” tambah Samidi.(*oz)