Team Building BLAS

0
87

Dalam membentuk pelayanan yang optimal bagi para pengguna jasa di badan pemerintahan, Balai Litbang Agama Semarang (BLAS) melaksanakan kegiatan “Team Building Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang Tahun 2019”. Adapun kegiatan utama adalah outbound training dan kegiatan internal.

Acara dilaksanakan selama 3 hari 2 malam pada tanggal 15 – 17 Maret 2019 di Karimunjawa. Kegiatan tersebut diikuti hampir seluruh pegawai serta karyawan Balai Litbang Agama Semarang. Malam pertama kegiatan diawali dengan ramah tamah oleh Kepala Balai, dalam sambutannya beliau mengharapkan untuk semua pegawai dapat mengikuti proses outbound ini, agar kebersamaan dan kekompakan tetap terjaga. Menurut beliau, hasil yang akan dirasakan tidak secara langsung dapat dinikmati. Tetapi pasti akan terasa pada hari berikutnya.

Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang disusun sebelumnya. Berbagai macam permainan di berikan dalam kegiatan ini, diantaranya:

  1. Game Opposite

Permainan ini melatih kekompakan tim untuk saling berkoordinasi mengikuti instruksi yang diberikan.

  1. Estafet Tepung

Permainan ini melatih kinerja tim untuk menjaga amanah yang diberikan dan dijalankan hingga mencapai tujuan kelompok.

  1. Komuni Gaya

Permainan ini melatih peserta untuk menjaga komunikasi efektif agar tidak terjadi miskomunikasi dalam penyampaian suatu informasi.

Training dalam kegiatan outbound ini dapat diartikan program atau proses yang direncanakan untuk memodifikasi sikap, pengetahuan, keterampilan atau perilaku melalui pengalaman belajar agar dapat mencapai performa efektif dalam satu atau sejumlah aktivitas. Program manajemen SDM adalah program sistematis yang dengannya individu dalam organisasi memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, wawasan, dan sikap untuk mengelola pekerjaan dalam organisasi secara efektif.

Kegiatan tersebut menjadi suatu kesempatan bagi pegawai maupun karyawan BLAS menjadi lebih dekat agar saat kembali ke tempat kerja menjadi tim yang solid.  Acara dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah disusun sebelumnya. (krt)