Pengumpulan Literatur Repositori Naskah Keagamaan Madura Tahun 2019

0
195

Kegiatan Fullday di Hotel Pandanaran Semarang dalam rangka Pengumpulan Literatur Repositori Naskah Keagamaan Madura 2019. (23/19). Mengundang narasumber dari Perpusnas Nasional oleh ibu Tuty Hendrawati dan Agus Budi S. Dalam kegiatan ini para peneliti BLAS belajar untuk mengolah naskah digital, mengkonversi naskah dari bentuk buku ke dalam format digital. Kegiatan ini di ikuti mayoritas oleh tim Lektur BLA Semarang, dan ada beberapa dari staff.

Dalam acara tersebut, narasumber menegaskan bahwa jika BLAS  menemukan naskah di dalam penelitiannya memang sebaiknya dapat mendigitalkan naskah tersebut. Belum tentu dari PERPUSNAS atau pihak lain dapat menemukan naskah itu lalu mengelolanya. Jika sampai hilang atau punah kan sayang sekali. Informasi didalamnya mungkin sangat penting. Oleh karena itu peneliti BLAS harus dibekali kemampuan fotografi.

Mengelola naskah ataupun kitab-kitab kuno memang gampang-gampang susah. Perlu hati-hati jika lembaran kertasnya sudah mulai rapuh. Tentu tidak boleh pada saat mengdigitalisasi hingga merusak naskah aslinya. Langkah paling mudah adalah dengan foto naskah. Hal ini banyak sisi positifnya, diantaranya hasil yang bagus ( tergantung cara dan kamera yang digunakan), kemudian hal ini tidak merusak naskah aslinya. Setelah foto di dapat, langkah berikutnya adalah menggunakan software untuk mengolahnya. Bisa di buat JPEG, PDF atau dibuat html agar dapat dimuat di website dan di nikmati banyak orang.

Semoga nantinya BLA Semarang dapat melestarikan naskah naskah agar tidak punah, dengan kualitas yang baik.(*krt)