Benchmarking Jurnal Analisa

0
19

Di penghujung tahun 2018, sebagian tim Jurnal Analisa mendapat kesempatan untuk menimba ilmu ke Journal of Indonesian Islam Studies (JIIS) yang berkantor di lantai 7 Twin Towers Gedung A Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.(28/11). Kunjungan disambut hangat oleh executive director JIIS, Dr. Khirun Niam. Karena kebetulan beberapa tim JISS sedang dalam tugas, maka hanya beliau yang menemani dari awal hingga akhir.

Journal of Indonesian Islam Studies (JIIS) yang dimiliki UIN Sunan Ampel ini sudah terindeks oleh Scopus. Beliau mengatakan dalam satu edisi terbitan, artikel yang masuk mencapai 300 artikel. Ini semua harus diseleksi oleh tim editor, mana yang layak untuk diteruskan ke reviewer, ditolak atau diproses tapi dengan revisi. Pekerjaan yang tidak mudah mengingat tim editor sibuk sekali dengan berbagai pekerjaan akademik.

Salah satu bagian penting agar jurnal Analisa dapat terindeks scopus adalah banyaknya artikel terbitan yang sudah di sitasi oleh artikel atau buku orang lain. Hal tersebut bisa di wakili oleh 9 artikel terbaik di seluruh terbitan, karena Scopus hanya menilai 9 artikel yang dipilih pada saat mendaftar scopus. Harapannya seluruh tim Jurnal Analisa semakin bersemangat untuk menyempurnakan jurnal agar tahun berikutnya dapat terindeks Scopus. (*krt)