Implementasi Pendidikan Agama Pada SMPIT

0
20

Seminar hasil penelitian yang dilaksanakan di Hotel Grand Wahid Salatiga pada 12-14 November 2018 di bentuk tiga forum diskusi. Narasumber tim Pendidikan Agama dan Keagamaan yang pertama adalah Sigit Cayantoro, S.Si. Beliau merupakan ketua JSIT ( jaringan sekolah islam terpadu Indonesia) wilayah Jawa Tengah.

Sekilas mengenai JSIT adalah organisasi masyarakat yang berdiri pada tanggal 31 Juli 2003 dan bergerak di bidang pendidikan, bersifat  non partisan, nirlaba dan terbuka dalam arti siap bekerja sama dengan pihak manapun selama mendatangkan maslahat dan manfaat bagi anggota serta berkesesuaian dengan visi, misi, tujuan dan sasaran JSIT INDONESIA.  Dalam visi JSIT yakni menjadi pusat penggerak dan pemberdaya Sekolah Islam Terpadu di Indonesia menuju sekolah efektif dan bermutu. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang mencetak generasi emas, yakni generasi yang mampu mengembangkan potensi dirinya memiliki kekuatan spiritual  pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa       dan negara serta dunia secara global.

Menurut beliau konsep pendidikan Islam dapat juga di sebut hakekat pendidikan adalah Merekonstruksi seorang manusia agar mampu merekonstruksi dirinya secara luas sehingga mampu membangun dirinya, keluarga, masyarakat sesuai dengan apa yang diinginkan Allah SWT. Di dalam JSIT mempunyai ruang lingkup kurikulum ada tiga, yakni: PAI (Pendidikan Agama Islam), AlQur’an dan bahasa arab. Diharapkan pembelajaran SMP IT mencetak pribadi Islami sebaik-baiknya.

*krt