Seminar Hasil Penelitian Tahap 2 2018

0
78

Mengawali serangkaian acara seminar hasil penelitian tahap 2 di akhir tahun 2018 yang di laksanakan di Hotel Grand Wahid Salatiga pada 12-14 November 2018. Pembukaan diikuti oleh 3 bidang penelitian sekaligus. Yakni bidang pendidikan agama dan keagamaan, bidang bimas agama dan layanan keagamaan dan bidang lektur, khazanah keagamaan dan manajemen organisasi.

Dalam sambutannya Koeswinarno selaku kepala Balai Litbang Agama Semarang, menuturkan tema tema 3 bidang tim penelitian, yakni Implementasi Pendidikan Agama pada SMP IT di Jateng, jatim dan DIY, Literasi Media Keagamaan di Kalangan Pelajar Madrasah Aliyah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Pemberdayaan Umat Berbasis Zakat, Infaq, dan Shadaqah. Semoga kegiatan 3 hari ini dapat berlangsung dengan baik serta menghasilkan rumusan yang berguna untuk penelitan ini.

Balai Litbang Agama Semarang mengundang  Drs. HM. Lutfi Hamid, M. Ag yang menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemenag D.I.Yogyakarta untuk membuka secara resmi kegiatan Seminar Hasil Penelitian Tahap 2, sekaligus mengisi materi mengenai tiga tema penelitian tersebut.

Beberapa yang di sampaikan beliau adalah tentang mengkritisi hasil penelitian untuk workshop. Kegiatan seperti ini mendorong kita semua membuat catatan penting untuk fenomena keberagaman. Hasilnya dapat berguna untuk solusi masalah yang lain. Benang merah antara hidup bermayarakat dengan ritual keagamaan sering menuai pro dan kontra. Misalnya terjadinya penolakan beberapa golongan masyarakat dalam sedekah laut, ini adalah religius, yang sebenarnya kita harus membaca, mengamati terlebih dahulu. Tidak asal membuat keputusan. Ini bagian dari fenomena keberagaman kita.

Semoga kegiatan ini menghasilkan sesuatu yang benar dan bermanfaat. Mendapat sisi positif untuk ke tiga bidang penelitian ini khususnya, dan untuk semua yang hadir disini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat nantinya dari ilmu yang diperoleh disini.

*krt