Workshop Penyusunan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di Jawa Tengah

0
27

Kegiatan  yang dilakukan Balai Litbang Agama Semarang kali ini bertempat di Hotel Megaland, Solo, Jawa Tengah.  Sengaja mengundang guru-guru dari sekolah PAUD( Pendidikan Anak Usia Dini) dari beberapa area di Jawa Tengah, Penyuluh serta beberapa dari instansi Kementerian Agama. Dihadiri sekitar 40 peserta, termasuk peneliti dari tim Pendidikan Agama dan Keagamaan dan berlangsung dari tanggal 6-9 November 2018.

Dalam sambutannya Kepala Balai Litbang Agama Semarang, Bapak  Koeswinarno menegaskan bahwa PAUD merupakan pendidikan yang diajarkan di luar keluarga yang sangat dini sekali. Peran pendidikan yang langsung berdampak pada pembentukan karakter anak didik. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk bekal guru-guru dalam memberikan pelajaran, khususnya pelajaran agama Islam. Bagaimana sekaligus dapat mengatasi perkembangan Informasi Teknologi yang mau tidak mau mempengaruhi pola perkembangan pendidikan.

Berikutnya acara dibuka secara simbolis oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat, Bapak Prof. Dr. H. Abdurrahman Mas’ud. Diantara sambutannya, beliau mengatakan bahwa PAUD adalah sebuah program yang sistematis. Paud ini mempunyai kontribusi yang sangat besar untuk menghasilkan akhlak yang baik. Seperti kejujuran,kerja keras, menghormati orang lain dan nilai kebaikan lainnya.

Albert Enstein mengatakan,” Every child is born a genius”. Ini dapat diartikan semua anak itu memiliki potensi jenius sejak lahir. Mereka memiliki kemampuan unik masing masing. Tapi jika salah mengolah,malah dapat menjadikan anak tersebut menjadi pandir/idiot. Paling utama adalah diajarkan nilai. Nilai pendidikan karakter. Terpenting  adalah kejujuran. Menjadi amanah adalah kejujuran. Nilai dari akhlakul karimah. Kejujuran akan membuat hubungan keluarga menjadi baik dan bermartabat.

Harapan kita dengan adanya pendidikan akhlak di usia dini (PAUD) akan menciptakan manusia yang bermoral, beretika, yang menjunjung tinggi nilai kejujuran. Perumusan panduan buku ini diharapkan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat pada pendidikan PAUD. (*krt)