Mengoptimal Peran Jamaah Masjid dalam Kegiatan Sosial

0
24

Perlu digali dan dimanfaatkan potensi dan peluang yang ada pada seluruh jamaah melalui kegiatan masjid dibidang ibadah ritual seperti: gerakan sholat berjamaah, gerakan puasa sunnah. Kegiatan dibidang ibadah sosial seperti Koperasi Masjid, Poliklinik Masjid, Study Club Remaja Masjid.

Demikian  pemaparan  Akhmad Mundakir dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Diseminasi Penelitian “Pengelolaan Masjid Terhadap Pemberdayaan Umat,” di Hotel Santika Pekalongan, Kamis (13/09).  Mundakir menambhakn, Pengelolaan Masjid  atau manajemen masjid adalah proses penggunaan segala daya dan dana dari kepengurusan dan jamaah masjid melalui kerjasama dalam kegiatan untuk mewujudkan kemakmuran masjid.

“Takmir  atau Pengurus Masjid adalah sekelompok orang yang diberi amanat oleh jamaah masjid untuk mengelola masjid atau memakmurkan masjid sehingga fungsi masjid dapat terlaksana dengan baik,” ungkap Akhmad Mundakir Kepala Kementerian Agama Kota Pekalongan.

Ahmad Irfan dari Dewan Masjid Indonesia Kota Pekalongan mengatakan, perlu ada konsep bersama antara kemenag, pemda, DMI untuk diangkat tidak sekadar dibantu untuk rehab, tetapi juga diberdayakan secara ekonomi, sosial dan lainnya. Sehingga masjid tidak hanya dikunjugi orang tua, tetapi juga anak-anak muda. (oz)