Peta Kompetitif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)

0
57

Rangkaian yg ketiga kegiatan penelitian kompetitif 2018 mengambil tema “Peta Kompetitif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA/SMK di Provinsi Jawa Tengah. Tamu yang hadir merupakan guru-guru agama Islam, juga dari undangan beberapa instansi yang terlibat. (8/16)

Dalam paparannya Umi Mozayanah sebagai ketua Tim Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan mengatakan,” guru adalah elemen penting pendidikan, yang mempengaruhi komposisi di dunia pendidikan. Keberhasilan PAI tidak terlepas dari sluruh komponen pengelola pendidikan agama, salah satunya guru PAI. Di sisi lain menurut data yang ada, jumlah guru PAI masih belum mencukupi untuk kondisi ideal kegiatan belajar mengajar. Itu membuat beban kerja yang berlebihan ditengarai sebagai penyebab timbulnya kejenuhan kerja,bosan, konsentrasi menurun sehingga kualitas yang dihasilkan berkurang.

Salah satu fungsi kegiatan penelitian ini adalah pemetaan terhadap kompetensi guru PAI. Pemetaan dilakukan untuk mengetahui dan menganalis kompetensi mana saja yang telah di capai dengan baik dan kompetensi mana saja yang masih lemah sehingga perlu diprioritaskan untuk dilakukan peningkatan.

Untuk meningkatkan kompetensi guru tidak lepas dari peran Instansi Pemerintah. Program diklat yang meningkatkan kapasitas guru, juga penambahan kebutuhan guru PAI harus segera di kaji untuk dilaksanakan.(krt)