Seminar Hasil Penelitian Kompetitif Praktik Literasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri

0
61

Mengawali rangkaian seminar hasil penelitian kompetitif, Balai Litbang Agama Semarang mengundang para akademisi, pustakawan perguruan tinggi, juga beberapa mahasiswa untuk menghadiri kegiatan Seminar Hasil Penelitian dengan tema praktik literasi mahasiswa di Universitas Islam Negeri. Dalam paparan hasil penelitian, Agus Iswanto selaku ketua tim menyampaikan bahwa penelitian tentang praktik literasi di perguruan tinggi ini penting dilakukan, sebab perguruan tinggi dengan mahasiswa dan dosen di dalamnya adalah subyek yang memproduksi ilmu pengetahuan. ” Dibatasi UIN, karena ingin melihat sumbangan universitas yang berada di bawah pembinaan Kementerian Agama terhadap praktik literasi. Nomenklatur UIN lebih mengandaikan adanya multi keilmuan dan multiperspektif yang sesuai dengan perkembangan literasi abad ke-21″, demikian kata Agus.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, mahasiswa saat ini merujuk literasi tidak hanya sebatas pada buku bacaan. Fakta bahwa mereka merupakan bagian dari ‘Generasi Z’ tak luput dari pembahasan dalam Seminar yang diadakan di Hotel Aston Inn tersebut.

Ilyas Supena yang menjadi narasumber juga sepakat bahwa kegiatan literasi  saat ini tidak sebatas membaca buku. Mahasiswa sudah menguasai dunia digital. “Yang perlu ditekankan adalah bagaimana mahasiswa pelaku literasi ini memiliki kemampuan dalam mengakses informasi sesuai kebutuhan sekaligus memahami kebutuhan akan informasi yang sesungguhnya. Karena banyak dan mudahnya informasi diperoleh melalui dunia digital membuat pelaku literasi jadi generasi serba instan yang malas menyaring kebutuhan dan kebenaran sebuah informasi”, tambahnya. ( az)