Praktik Literasi Mahasiswa UIN

0
88

Praktik Literasi mahasiswa biasanya mengunakan  media online untuk mengakses dan menyebarkan ide. Namun literasi online belum dimanfaatkan oleh kampus secara institusi. Terkadang mahasiswa akses online hanya sekadar tuntutan tugas kuliah.

Demikian pemaparan Agus Iswanto dalam Kegiatan Penyusunan Laporan Hasil Penelitian (PLHP) Praktik Literasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Selatan, di Aula lantai III Balai Litbang Agama Semarang, Selasa (24/7).

“Semula penelitian ini memfokuskan pada penelitian praktek literasi keagamaan dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN), tapi setelah di lapangan dialihkan pada praktik literasi secara umum,” tambah Agus ketua tim peneliti

Lebih lanjut Agus menuturkan kelompok literasi memang ditemukan tak terpisah secara ketat, ada yang aktif dibeberapa kelompok sekaligus, ada komunitas penulis yg mandiri. “Meriahnya program-program literasi tertsebut tidak diikuti dengan kajian-kajian tentang praktik literasi,” ungkap Agus.

Muksin Jamil mengatakan Literasi tidak hanya masalah baca-tulis tetapi juga konteks yg melingkupinya, kampus sebagai produsen pengetahuan dalam era dunia cyber sytem. “Pelayanan kampus terkait literasi sekarang ini apakah bisa mendorong literasi mahasiswa, tanpa mengaitkan perkembangan IT pasti akan tertinggal,” tandas Muksin Jamil dosen UIN Walisongo Semarang.

“Apa yag dilakukan kampus untuk mengantisipasi perubahan dan perkembangan dunia cyber yakni pelayanan publik sudah mulai bergeser pada layanan online,” tambah Jamil. (oz)