Menimba Ilmu dari para “MASTER” IT dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

0
210

Setelah beberapa waktu lalu beberapa pengelola jurnal dari BLAS mengunjungi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kali ini BLAS mengundang beberapa ahli IT untuk meningkatkan pengelolaan website dan jurnal. Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor BLAS (14/7) di ikuti oleh beberapa pengelola jurnal dan Staff.

Dalam diskusinya, Bapak Hendra Hidayat ketua tim ini menjelaskan tentang bagaimana peningkatan pengelolaan website maupun aplikasi bebasis web lainnya. Untuk sementara ini website BLAS masih menginduk di server pusat. Memang ada lebih dan kurangnya, salah satunya jika masih menginduk di pusat, kita tidak perlu mempunyai server, tidak perlu maintenace dan juga menyediakan bandwith internet khusus. Tapi dalam mengelola menjadi terbatas, misal ada kerusakan atau pengelolaan harus menghubungi pusat terlebih dahulu agar di beri akses, dan memerlukan waktu yang tidak cepat.

Oleh karena itu BLAS mencoba langkah membangun server sendiri. Installasi dipandu oleh tim IT dari UIN SUKA Yogyakarta dengan beberapa penjelasan installasi dasar. Memang tidak dapat di remehkan ilmu tentang mengelola server sendiri. Berbagai tahapan installasi harus dapat di mengerti oleh pengelola IT BLAS. Setiap bagiannya mengharuskan pengelola tahu akan dasar ilmu mengelola server. Ini  menjadi masukan untuk lebih meningkatkan kapasitas SDM staff pengelola. (krt)