AKANKAH FGD DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN TAHAP II

0
23

Dalam penelitian tujuan dilaksanakannya Focus Group Discussion (FGD) adalah untuk memperoleh masukan atau informasi mengenai permasalahan dalam penelitian yang bersifat spesifik. Kegiatan ini tidak harus dilaksanakan, dan hanya sebagai sarana untuk menggali data. Oleh karena itu Kepala Balai Litbang Agama Semarang menanyakan kepada koordinator peneliti apakah FGD akan digunakan dalam penelitian tahap II.

Ada 2 pendapat tentang pelaksanaan FGD di Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan. Pendapat yang menyetujui dilaksanakannya FGD beralasan karena data yang diperlukan akan terpenuhi, demikian dikatakan Drs. H. Wahab, M.Pd. selaku koordinator Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan. Lebih lanjut dikatakan bahwa kelompok yang tidak menyetujui dilaksanakannya FGD karena ribet dengan masalah administrasi.

Hal senada juga disampaikan Drs. Roch. Aris Hidayat, M.Pd. selaku Koordinator Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi. Aris menyatakan akan mendiskusikan kembali tentang pelakssanaan FGD pada penelitian Tahap II. Sedangkan Drs. H. Sulaiman, M.Ag. Koordinator Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan menyatakan bahwa FGD biasanya digunakan untuk memperkuat data yang dikumpulkan.

Rapat persiapan penelitian tahap II dilaksanakan di Ruang Kasubbag TU pada tanggal 11 Juli 2018, dipimpin oleh Prof. Dr. Koeswinarno, M.Hum. Kepala Balai Litbang Agama Semarang, dan diikuti 3 koordinator masing-masing bidang. Hadir dalam rapat tersebut Kasubbag Tata Usaha, Kaur Perencanaan dan Keuangan, serta Kaur Ortala Kepegawaian dan Hukum selaku PPK. [SE]