Manfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Pembelajaran

0
109

Kemajuan teknologi sekarang ini memang tidak bisa dihindari. Mengikuti teknologi bagi pendidik adalah harga mati. Pendidik harus mampu mengantisipasi perubahan agar tidak ketinggalan dari begitu pesatnya kecanggihan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Litbang Agama Semarang, Prof. Dr. H. Koeswinarno, M.Hum., dalam sambutan pembukaan kegiatan Workshop Penyusunan Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperatif bagi Guru PAI di MTs. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat, 03 s/d 06 Juli 2018.

Koeswinarno menambahkan, pendidik harus memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar secara tepat sehingga mampu membuat proses pembelajaran lebih bermakna.  Hal ini menjadi keniscayaan, perkembangan teknologi informasi sangat potensial mendukung kegiatan belajar mengajar.

Di sisi lain, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar kejahatan sekarang ini juga memanfaatkan kemajuan teknologi. Penyalahgunaan teknologi yang dilakukan oleh pelajar disebabkan lemahnya pengawasan para pendidik serta orangtua terhadap anak. Salah satu sebabnya  adalah sebagian besar pendidik dan orang tua tidak ingin dan tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi yang kian pesat.

Walhasil, kemajuan teknologi bisa menjadi pisau bermata dua jika penggunaannya tanpa didasari oleh brainware yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan YME. (moet)