PENELITI BLAS BIMBING PPL MAHASISWA STUDI AGAMA-AGAMA

0
126

Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang dalam beberapa hari ke depan akan belajar penelitian kepada para peneliti di Balai Litbang Agama Semarang. Mereka diterima oleh perwakilan peneliti Balai Litbang Agama Semarang senin lalu (14/5). Mahasiswa peserta PPL dari Jurusan Studi Agama-Agama (SAA) sebanyak 9 orang ini rencananya akan dibimbing untuk menyusun proposal penelitian. Kegiatan PPL mahasiswa SAA ini di Balai Litbang Agama Semarang merupakan kegiatan kali yang keempat.


Ahmad Afnan Anshori, MA. Sekretaris Jurusan Studi Agama-Agama yang mengantarkan para mahasiswa ini menyampaikan, bahwa proposal tersebut diharapkan dapat sekaligus diajukan untuk penyusunan skripsi. Hasil dari PPL di Balai Litbang Agama Semarang ini dinilai positif oleh Afnan. Hal ini karena pengajuan judul skripsi ke Jurusan SAA menjadi lebih variatif, mendalam, dan terfokus.
“Mahasiswa melalui PPL di Balai Litbang Agama Semarang jadi lebih mengenal berbagai tema-tema yang berkaitan dengan studi agama-agama, perdamaian, dan konflik dengan berbagai perspektifnya. Ini berpengaruh terhadap peningkatan kualitas skripsi mahasiswa,” jelas Afnan.

Drs.Wahab, M.Pd., Koordinator Peneliti Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan yang menyambut mewakili Kepala Balai Litbang Agama Semarang yang sedang bertugas di Jakarta, menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Jurusan SAA Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo. Mahasiswa yang ingin belajar melakukan penelitian, terutama penelitian sosial dan keagamaan sangat tepat belajar ke Balai Litbang Agama Semarang.
“Meneliti itu memang sudah makanannya para peneliti, jadi silahkan saja untuk ngangsu kawruh terkait penelitian,” kata Wahab.

Drs. Sulaiman, M.Ag. Koordinator peneliti Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan yang ikut menghadiri penyambutan mahasiswa ini juga menyampaikan agar mahasiswa tidak segan-segan bertanya kepada para peneliti. Selain itu, di Balai Litbang Agama Semarang ini juga memiliki petpustakanaan yang cukup lengkap dan bisa dimanfaatkan pula oleh mahasiswa sesuai ketentuan.

Para mahasiswa peserta PPL ini akan dibimbing oleh Zakiyah, Umi Muzayanah, dan Joko Tri Haryanto untuk menyusun proposal skripsi. Mahasiswa akan berdiskusi tentang tema-tema yang akan diangkat, merumuskan masalah, menentukan metode yang tepat, dan akhirnya menyusun sebuah proposal penelitian skripsi yang lengkap. Akhir dari kegiatan ini, para mahasiswa akan mempresentasikan proposal layaknya seminar proposal.