Workshop Penyusunan Pengembangan Panduan Literasi Al Quran bagi Guru SMP

0
138

Kegiatan Workshop Penyusunan Panduan Literasi Al quran yang dilaksanakan di Hotel Crown Prince Surabaya 10 s.d 13 April 2018 dibuka oleh Kepala Balai Litbang Agama Semarang, Prof. Dr. H. Koeswinarno, M.Hum. Dalam  sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan panduan literasi  Al quran untuk guru PAI di SMP dan menyamakan persepsi tentang literasi Al quran. Workshop ini berangkat dari hasil penelitian literasi Al quran yang dilakukan BLAS tahun kemarin.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat, Prof. H. Abd. Rahman Mas’ud, menginfomasikan untuk Kementerian Agama, perlu mereview dan memperbaiki sistem pendidikan Alquran dalam Pendidikan Agama Islam. Sekarang ini tim buku sudah dibentuk untuk melakukan tadqiq, sesuai peraturan Undang-undang. Kemudian pada Kementerian Agama, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas guru PAI, Imam, juga harus ada standarisasi pembacaan Alquran dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi Alquran

Perlunya Mendorong Dinas Pendidikan untuk melaksanakan program-program kompetitif yang dapat meningkatkan kemampuan literasi Al quran siswa, seperti beasiswa, lomba BTQ, dan lain-lain. Juga memperkuat kelembagaan pendidikan Al quran di sekolah-sekolah dengan pelibatan berbagai pihak.

Semoga Workshop yang di ikuti oleh berbagai pendidik dan juga tokoh lembaga pemerintahan ini dapat berjalan baik dan memperoleh hasil yang berguna untuk bangsa dan negara. (blas)