Pekerjaan kantor tidak jarang membikin kesehatan dan pikiran kita terforsir. Deadline yang ketat dan tekanan dari atasan yang terjadi di kantor bisa mengakibatkan stress.

0
114

Untuk merefresh dan mengendurkan otot kita dari rasa tegang, liburan adalah salah satu cara jitunya. Bagi yang memiliki waktu yang pendek, kebanyakan memilih liburan dengan tema keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat piknik umum yang tidak jauh dari kota. Mungkin juga dengan meluangkan waktu untuk berbelanja dan makan malam di pusat kota pada hari liburnya.

Untuk orang memiliki jiwa petualang serta menginginkan liburan yang berbeda dari biasanya, meluangkan beberapa hari pergi ke pulau kecil tanpa penduduk menjadi sensasi dan cerita yang tidak akan terlupakan.  Pergi menyusuri hutan, naik perahu dan menyeberangi laut bisa menjadi pengalaman yang worth it untuk dilewatkan. Tidak usah jauh-jauh dulu sampai ke luar jawa ataupun ke pulau terbarat Indonesia untuk menemukannya.

Salah satu tempat tujuan menyenangkan seperti itu bisa kita temukan di daerah Jawa Timur. Pulau Sempu, pulau yang terletak di sebelah selatan pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang ini memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya untuk wisatawan domestik, dari mancanegara pun tertarik untuk menemukan pulau tersembunyi ini. Pulau ini termasuk pulau tak berduduk dan difungsikan sebagai cagar alam. Pantai berpasir putih ini tidak kalah menarik seperti pantai pasir putih di Indonesia yang lainnya. Sempu biasa juga disebut dengan Phi-Phi island-nya Indonesia. Beruntunglah orang-orang Indonesia memilikinya. Pesona alamnya tidaklah kalah dengan Phi-Phi Island yang asli di Thailand yang juga pernah sebagai latar belakang sebuah film dari Leonardo Dicaprio The Beach (2000).

Transportasinya tergolong tidak terlalu sulit. Dengan cara koper ataupun ransel, bisa memakai jalur darat atau udara untuk mencapai kota Malang terlebih dahulu. Dari pusat kota Malang, dibutuhkan kira-kira 2 sampai 3 jam lagi sebelum tiba di Pantai Sendang Biru. Sendang Biru adalah titik keberangkatan terdekat menuju pulau Sempu. Ada dua alternatif jalur yang dapat Anda ambil dari Malang ke Sendang Biru. Pertama adalah mengambil jalur antar kota Malang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sendang Biru-Pulau Sempu. Kedua adalah Malang-Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sendang Biru-Pulau Sempu. Kondisi jalan dari Malang ke Turen dalam kondisi relatif baik dengan banyak tanda-tanda penunjuk arah yang mengarah ke Sendang Biru. Dari Turen ke Sendang Biru jalanan relatif lebih sempit dan sedikit turun naik, beberapa jalan tidak dalam kondisi sempurna, terutama jalan yang mendekati daerah pantai.

Sampainya di Sendang Biru, Anda perlu menyewa sebuah perahu untuk menuju ke tempat tujuan. Dibutuhkan 2-3 jam lagi untuk sampi di Pulau Sempu. Di Sendang Biru Sudah banyak perahu-perahu nelayan yang siap untuk disewakan dengan biaya sewa 100.000 dan kapasitaas maksimal 10 orang per perahu. Dan jangan lupa untuk membuat janji dengan tukang perahu itu untuk jadwal penjemputan. Pastikan anda medapatkan nomer ponsel mereka.Tidak ada hotel atau tempat untuk menginap di sana. Satu-satunya pilihan jika Anda ingin menginap disana adalah dengan berkemah.   Pastikan untuk menyiapkan urusan logistik yang cukup. Persediaan makan dan air minum sebelum memulai petualangan masuk wilayah cagar alam.

Diperlukan alas kaki yang sesuai dengan kondisi tanah hutan tropis yang licin. Karena sebelum kita mencapai tujuan utama di pulau sempu ini, kita harus menyusuri hutan tropis yang lumayan lebat. Daya tarik utama dari pulau sempu adalah sebuah Laguna kecil ukuran 4 hektar yang letaknya tersembunyi di lingkar hutan tropis yang lebat. Laguna itu terkenal dengan laguna Segara Anakan. Air di Laguna ini tenang dan jernih, dengan pasir berpasir putih membuat kita bisa melihat dasar dari pantai yang beraliran air tenang karena dikelilingi batu karang yang memisahkan dari lautan lepas. Dengan lokasi yang agak susah dan terpencil ini, Segara Anakan adalah tempat yang dinantikan para traveler penyuka tantangan. Belajar bertahan hidup dengan apa yang hanya mereka punya seperti kisah cerita dalam film Cast Away dari Tom Tanks. Laguna ini juga merupakan tempat romantis dan intim untuk pasangan yang baru saja menikah, yang ingin memiliki bulan berbeda dan berkesan.

Sempu adalah pulau cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA). Maka dari itu sebelum melakukan perjalanan, jauh-jauh hari sebaiknya sudah membuat janji dan mengurus ijin kepada pengelola untuk memasuki pulau tersebut. Ijin masuk kawasan konservasi bisa diperoleh di Kantor BBKSDA Jawa Timur Jalan Bandara Juanda, Surabaya, telepon: +62 31 8667239 atau langsung membuka website di www.baungcamp.com untuk mengetahui informasi yang diperlukan. Perkiraan pengeluaran untuk melakukan perjalanan ini cukup murah, kurang dari satu juta rupiah untuk satu orangnya, karena kita tidak memiliki tanggungan untuk menginap selama berada di Pulau Sempu. Hanya biaya transportasi dan pengeluaran logistik yang perlu diperhitungkan. Memakai alat transportasi yang premium atau ala backpacker.
(Arda)