SEMANGAT JUANG UNTUK KEMERDEKAAN INDONESIA

0
70

Pagi itu, kamis 17 Agustus 2017 ditengah cuaca yang cerah. Di halaman kantor Balai Litbang Agama Semarang sudah mulai berkumpul para karyawan balai, untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia. Dari persiapan yang sudah jauh hari dilaksanakan, apalagi pada para petugas upacara. Latihan yang dilaksanakan beberapa kali untuk meningkatkan kesigapan rangkaian upacara nantinya.

Rangkaian upacara bendera diawali dengan mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih di iringi lagu Indonesia Raya oleh para petugas, menambah kobaran semangat kebangsaan pagi itu. Dapat dirasakan hati oleh masing masing peserta pagi itu penuh dengan kebanggaan menjadi Bangsa Indonesia. Kemudian di lanjutkan oleh serangkaian acara yang lain.

Sambutan kepala Balai Litbang Agama Semarang, Bapak Koeswinarno terasa lebih mengobarkan semangat kebangsaan. Pagi itu beliau membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah. Salah satu baris paragrafnya adalah “ Pahlawan adalah mereka yang telah mewakafkan diri untuk Indonesia Merdeka. Pahlawan adalah mereka yang telah tulus iklas berkorban jiwa raga demi Indonesia yang bersatu dan berdaulat. Tugas kita, menjaga api semangat juang kepahlawanan ini agar terus menyala. Sejak revolusi hingga pasca reformasi, sejak Sukarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam. Karena ini kekuatan dan jatidiri sejati kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan maupun tantangan”.

Tampak para peserta upacara tetap khidmat mengikuti upacara itu hingga selesai, dan diakhiri oleh pembacaan doa oleh Bapak Samidi, doa untuk para pahlawan, para pejuang dan untuk seluruh Bangsa Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here