SEMINAR HASIL PENELITIAN TAHAP 2

0
41

Serangkaian kegiatan Seminar kembali dilaksanakan oleh Balai Litbang Agama Semarang. Ini  merupakan kegiatan puncak dari penelitian tahap II. Kegiatan seminar bertempat di Laras Asri Resort di Salatiga pada tanggal 19 – 21 Juli 2017 dengan kurang lebih 150 Peserta dari berbagai kalangan, termasuk guru, peneliti, unsur pemerintahan dan masyarakat.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan informasi kegiatan hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan, guna dikritisi dan mendapat masukan dari para peserta untuk mendapatkan hasil penelitian yang maksimal. Itu yang di sampaikan pada acara pembukaan oleh Kepala Balai Litbang Agama Semarang Bapak Prof. Koeswinarno.

Didalam rangkaian penelitian yang dilakukan BLA Semarang tahap 2,  Seminar Hasil merupakan forum tertinggi dari serangkaian kegiatan penelitian. Setelah forum ini, peneliti masih memiliki tanggung jawab menyusun policy brief dan executive summary. Disusunnya policy brief dan executive summary ini dengan alasan karena saat ini banyak pihak yang berkepentingan terkait hasil penelitian namun tidak sempat membaca laporan yang sangat tebal. Selain itu dilaksanakamnya kegiatan ini tidak lepas dari tanggung jawab administratif juga pertanggungjawaban secara sosial.

Seminar ini menjadi bagian dari olah pikir, sangat penting untuk mendapat respon balik dari para peserta. Seringkali, hasil penelitian tidak sesuai dari yamg diharapkan oleh masyarakat. Riset itu tidak selalu menggunakan bahasa sosial yang mudah dicerna, PR untuk para peneliti adalah mensosialisasikan hasil penelitian dengan bahasa yang mudah dicerna.

Oleh karena itu mari kita bersama sama mendukung dan mencurahkan ide serta gagasan pada Seminar Hasil Penelitian Tahap 2 ini, agar tercipta hasil penelitian yang bermanfaat untuk semua lapisan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here