Melestarikan Naskah Keagamaan

0
7

Kembali Balai Litbang Agama Semarang mengadakan serangkaian workshop. Kali ini diadakan di hotel Front One, Pamekasan, Madura (2-5 mei 2017). Dengan Tema “Bibliografi Naskah Keagamaan Pesantren di Jawa Timur” dengan peserta beberapa dari pesantren juga dari Instansi Kementerian Agama.Penyusunan katalog ini semacam membuat data base naskah. Ini menjadi penting karena dengan menggangkat katalog dari ulama di Madura membuat naskah lebih dirawat juga menghindari agar tidak punah. Jika tidak dilakukan seperti ini maka kebudayaan masa lalu akan hilang, dilupakan dan tidak ada catatan otentik tentang itu. Hal itu disampaikan oleh Prof. Koeswinarno ketika membuka kegiatan workshop.

Seperti ramah tamah dan lemah lembut bangsa ini mulai memudar. Padahal dulu itu merupakan kebudayaan yang di junjung tinggi di Indonesia. Suatu ketika mungkin nilai ini hanya ada di dalam naskah. Semoga akan bertahan lama.

Naskah naskah yang ada nanti akan kami digitalkan dan di publikasi di web kami. Tetapi tetap akan mencantumkan asal muasal dan pemilik naskah. Agar naskah lebih dapat digali dan memperkenalkan ke publik yang lebih luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here